Welcome in My Blog

Explore the world with Knowledge

Rabu, 29 April 2009

sEsaTan hExagon aS aLat Peraga Matematika

Sesatan hexagon atau disebut juga distribusi Galton adalah salah satu alat peraga dalam teori kemungkinan atau salah satu alat untuk menentukan peluang suatu kejadian. Alat ini pertama kali di temukan oleh Francis Galton pada tahun 1889. Galton merupakan seorang ahli teori intelegensi. Selanjutnya karena sesatan yang di gunakan berupa prisma sisi enam beraturan ( prisma yang alasnya berupa heksagon ), maka alat distribusi ini di sebut juga sesatan hexagonal. Selain sesatan hexagon alat peraga yang biasa digunakan untuk menentukan teori kemungkinan alat peluang kejadiaan suatu percobaan diantaranya uang logam, dadu ( bermata dan berwarna ), bidang empat ( bermata dan berwarna ), bidang delapan beraturan (bermata dan berwarna ), gang singan ( segitiga, bujur sangkar, segi lima, segi enam, dan segi –n ), paku payung, kartu ( domino dan bridgen ) dan bola berwarna.
Sesatan hexagon atau disebut juga distribusi galton sudah sering kita dengar tetapi kebanyakan tidak tau cara penggunaan bahkan cara pembuatan alat peraga sesatan hexagon. Berikut akan di bahas cara pembuatan alat peraga sesatan hexagon dan langkah-langkah pembuatan hexagon untuk menentukan peluang suatu kejadiaan dalam percobaan.

1. Cara pembuatan sesatan hexagon
a. Bahan
1) Kayu
2) Kaca ukuran 63,5 X 45 cm dengan ketebalan 3milli
3) Kelereng
4) Cat 2 warna
5) Paku
6) Engsel sebanyak 2 buah
7) Triplek
b. Alat
1) Palu
2) Gergaji
3) Pensil
4) Penggaris
5) Sugu ( serutan kayu )
6) Golok
7) Kampak
c. Cara Pembuatan
1) Buatlah segi enam sebanyak 20 buah dengan menggunakan gergaji
2) Buatlah batang penyekat sebanyak 6 buah banyaknya penyekt ini akan berubah-ubah sesuai dengan kebanyakan sesatan pada barisan terakhir, makin banyak sesatan makin banyak pula sesatan yang di gunakan.
3) Tempelkan segi enam sebanyak 20 buah dengan menggunakan paku pada triplek. Sesuai dengan dengan posisi yang telah di atur.
4) Buat dudukan sesatan hexagon sebanyak 2 buah
5) Tutup sesatan hexagon dengan kaca dengan maksud agar benda-benda yang berada di dalam alat tersebut terlihat.
6) Buat bagian bawah terbuka / dapat dibuka dengan maksud untuk mengeluarkan benda-benda dari dalam alat.
7) Cat sesuai sesatan hexagon sesuai denganwarna yang di kehendaki.

4 komentar: